Journal Review – Comparing University Ranking (Isidro, et.al, 2010)

Title : Comparing University Ranking

Author : Isidro F. Aguillo • Judit Bar-Ilan • Mark Levene • Jose ´ Luis Ortega

Journal : Scientometrics (2010) 85:243–256, DOI 10.1007/s11192-010-0190-z

REVIEW RESULT

Dalam penelitian ini, Isidro, dkk membandingkan sejumlah hasil pemeringkatan universitas di dunia. Terdaoat setidaknya 5 jenis pemeringkatan perguruan tinggi yang digunakan sebagai perbandingan. Hasil perbandingan metode pemeringkatan dapat dilihat pada tabel berikut ini :

Dari hasil perhitungan similaritas, maka berdasarkan sample dari perguruan tinggi di Eropa, dapat disimpulkann bahwa perbedaan terbesar metode perangkingan terdapat pada  QS-THE dan WR. Sedangkan kesamaan tertinggi terdapat pada perangkingan HEEACT dan CWTS. Secara keseluruhan kemiripannya akan meningkat jika perbandingan dilakukan terbatas pada universitas-universitas di Eropa.

 

Kelemahan peringkat2 diatas antara lain :

  1. THE-QS didasarkan pada jumlah perguruan tinggi yang sedikit, dan survey yang dianggap kurang representatif, terutama terdapat representasi yang berlebihan pada universitas di UK dan Australia.
  2. Webometrics merupakan perangkingan yang paling berbeda, hal ini dimungkinkan karena praktik buruk dalam penamaan web universitas, memiliki 2 atau lebih domain, perubahan url web universitas, dan aktivitas lain.

Dari segi metodologi, hendaknya diperhatikan beberapa aspek yaitu :

  1. Teknik similaritas tidak diimbangi dengan uji korelasi, di duga terdapat kemungkinan dapat menggambarkan nilai yang lebih tinggi jika menggunakan korelasi peringkat.
  2. Dengan cara yang berbeda, nilai2 ini di normalisasi. Hal ini menjelaskan mengapa tes tersebut tidak memberikan hasil yang serupa.
  3. Terkait dengan kriteria inklusi, yaitu daftar universitas yang digunakan dalam metode peringkat yang digunakan dalam penelitian ini tidak sama. Misalkan , CWTS memiliki kebijakan untuk menggabungkan universitas2 maju, sedangkan organisasi dengan publikasi yang rendah tidak dimasukkan dalam perankingan.

Purwokerto, 5 Agustus 2017

 

Leave a Reply