Merancang penelitian usability (part 2)

Pada bagian ini, kita akan membahas perancangan penelitian usability melalui pengolahan dan penyajian data. Nah, untuk melakukan bagian ini, kita perlu mengetahui teknik-teknik nya menggunakan ilmu statistik. Laptop Anda belum terinstal program statistik seperti SPSS atau minitab? Tak apa, karena kita akan menyajikan pengolahan data statistik menggunakan Ms. Excel saja.  *pasti anda sudah punya kan?

Jenis data

  1. Nominal (nama, jenis kelamin, alamat, dst)
  2. Ordinal (suka-tidak suka-sangat suka, tinggi-sedang-rendah, dst)
  3. Interval (suhu, sejuk(100-250 C)-panas(250-300 C)-sangat panas (>300 C), jelek-sedang-bagus-sangat bagus *dalam skala tertentu, misalkan jelek nilainya 1-2, sedang 3-4, bagus 5-6, sangat bagus 7, dst)
  4. Ratio (waktu, umur, berat, tinggi, dst)

Data dan metrik

Memilih statistik yang tepat untuk tipe data dan usability metrics yang berbeda sangat menentukan kesimpulan yang akan diambil. Tabel berikut menjelaskan pengukuran yang umum digunakan dalam pengukuran usability dan prosedur statistik yang digunakan untuk menyajikan data.

Mengolah data statistik menggunakan Ms. Excel

Untuk mengaktifkan fungsi statistik pada Ms. Excel, maka kita dapat memunculkannya dengan klik office button>excel option (step 1). Langkah selanjutnya, pilihlah analysis toolpack pada pilihan add ins (step 2). Setelah klik OK, maka pada tab data akan muncul data analysis yang dapat kita gunakan untuk mengolah dan menyajikan data yang diperoleh dari partisipan (step 3).

step 1

Step 2

Step 3

 

Descriptive Statistics

Untuk menyajikan data sederhana, seperti mengetahui rata-rata, standar deviasi, nilai minimum dan maksimum, kita dapat menggunakan descriptive statistics. Perhatikan langkah-langkah di bawah ini :

Misalkan : terdapat 12 partisipan yang diminta untuk mengerjakan sebuah task. Kemudian researcher menuliskan jumlah waktu yang diperlukan untuk mengerjakan task tersebut (sebut saja satuannya menit). Maka, kita hanya perlu menuliskannya dalam 2 kolom seperti gambar diatas.

Klik data>data analysis>descriptive statistics> confidence interval 95%>summary statistics. Input range diarahkan pada sel B2:B13. (perhatikan gambar berikut)

Hasilnya akan diperoleh seperti berikut ini :

Dari tabel task time diatas, kita dapat simpulkan bahwa rata-rata task time untuk 12 responden adalah 35,08 menit, dengan standar deviasi 11,24. Nilai terendah dalam mengerjakan sebuah tugas adalah 21 menit (paling cepat) dan nilai tertinggi adalah 53 menit (paling lambat).

Berapa angka dibelakang koma?

Dalam merepresentasikan data, kita dituntut untuk menggambarkan sesuatu nilai dengan baik. Pada tabel deskriptif statistik diatas, dapat dilihat mean (rata-rata) kecepatan mengerjakan task adalah 35,083333333. Apakah Anda akan melaporkan hasilnya seperti ini? tentu tidak bukan? Meskipun tidak ada jawaban yang diakui secara universal, namun beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan adalah keakuratan data asli, besarnya, dan variabilitasnya. Angka penting yang harus Anda gunakan saat melaporkan statistik, seperti mean, tidak lebih dari satu digit signifikan tambahan dibandingkan dengan data asli. Jadi dalam contoh ini, Anda bisa melaporkan bahwa rata-rata adalah 35,1 detik.

Analisis statistik

Anda perlu sedikit mempelajari ilmu statistik dan probabilitas untuk melaporkan hasil penelitian usability. Anda perlu tahu tentang ukuran tendensi sentral (mean, median, modus), ukuran dispersi (standar deviasi, variansi, jangkauan), bahkan saat anda membandingkan rata-rata usability dari kelompok berbeda (independent t test, pair sample t test, analysis of variance, dst). Untuk pembahasan ini, Anda dapat melihat pada slide presentasi kuliah statistik yang telah saya share di https://www.slideshare.net/kuliahtenia.

Purwokerto, 16 Juni 2017

Leave a Reply